Selasa, Desember 18, 2018

Garut adalah kota para santri. Dari kota ini, telah lahir ribuan qori dan qariah, para penghafal al-Quran, dan ulama-ulama tafsir. Lantunan al-Quran selalu terdengar menjelang waktu-waktu shalat. Di sore hari menjelang maghrib, anak-anak berlarian ke masjid sambil mendekap mushaf.

Namun, itu cerita dulu. Kini, banyak masjid di Garut yang sepi. Pengajian anak-anak tak seramai dulu. Derap kaki para santri pembelajar al-Quran dikalahkan gegap gempita pergaulan yang bebas dan hedonistik.

Garut memanggil! Jangan sampai kota ini kehilangan ruh al-Qurannya.

Memperingati milad ke-40 Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut, para alumni pesantren ini berinisiatif untuk menggalang program wakaf 40.000 mushaf al-Quran, yang akan disebarkan ke seantero Garut. Garut tak boleh krisis mushaf al-Quran. Di rumah, masjid, sekolah, di manapun harus ada al-Quran.

Menggerakkan 4.500 alumninya, ribuan santri, serta berbagai pihak, program ini akan menghimpun aneka bantuan yang dikonversi menjadi wakaf 40.000 mushaf al-Quran dan pembangunan gedung IKADAM Quran Learning Center.

Anda bisa ikut terlibat. Cukup dengan mendonasikan Rp100.000, Anda sudah turut mewakafkan 1 mushaf al-Quran dan ikut membangun gedung tempat anakanak belajar dan menghafalnya.

Bayangkan ada 40.000 orang yang turut terlibat dalam gerakkan ini. Ini akan menjadi sebuah gerakan ummat untuk menjaga al-Quran. Gerakan yang akan menyelamatkan dan membentuk generasi. Membangun peradaban sebuah kota. Yang cahayanya akan memancar ke seluruh penjuru dunia.

Apa itu Program Wakaf 40.000 Mushaf al-Quran?

Ini merupakan program yang digagas oleh Ikatan Abiturien Darul Arqam Muhammadiyah (IKADAM) atau para alumni Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut dalam rangka memperingati milad ke-40 pesantren tersebut. Semangat milad ke-40 Ma’had Darul Arqam adalah Hijrah. Yakni semangat untuk menjadi lembaga pendidikan kader ulama intelektual dan intelektual ulama yang lebih baik. Di usianya yang ke-40 tahun, Pondok Pesantren Darul Arqam ingin kembali meneguhkan posisinya sebagai lembaga tafaqquh fiddin yang unggul. Sebagaimana tergambar dalam video berikut ini:

Mengapa program wakaf mushaf al-Quran ini difokuskan di Kabupaten Garut?

Pondok Pesantren Darul Arqam adalah sebuah lembaga pengkaderan ulama di bawah koordinasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut. Pondok ini berlokasi di Jl. Ciledug No. 284, Garut. Untuk menjalankan program wakaf 40.000 mushaf al-Quran ini, kami memfokuskan diri di kota Garut sebagai bentuk rasa terima kasih sekaligus tanggung jawab sosial kami kepada kota ini.

Apakah akan diperluas ke daerah lain?

Jika dimungkinkan, program ini akan diperluas ke daerah lain di Jawa Barat. Pertama-tama ke daerah sekitar Kabupaten Garut terlebih dahulu.

Apakah akan diperluas ke daerah lain?

Jika dimungkinkan, program ini akan diperluas ke daerah lain di Jawa Barat. Pertama-tama ke daerah sekitar Kabupaten Garut terlebih dahulu.