Living Basic co. adalah sebuah independent clothing company berbasis di Bandung. Lebih akrab disapa Living, produk unggulannya adalah henley shirt yang dikemas dengan tema minimalism for casual outfit. Didirikan pada bulan Juni tahun 2016 oleh Rifqi “Himin” Alfiana (Ikadam angkatan 29 Putra) dan Yuno Yuliantono dengan modal 3 juta rupiah, sampai saat ini Living dapat memproduksi dan menjual 200 pcs produk setiap bulannya. Bisnis ini didasari nekat karena mereka berdua tidak memiliki dasar pendidikan bisnis, bahkan keduanya berkuliah di jurusan teknik sipil. Kemauan dan semangat adalah dua hal yang melandasi berjalannya Living sampai saat ini.

Living didirikan karena Rifqi dan Yuno senang menggunakan henley shirt namun ingin membuat signature atau ciri khas henley mereka sendiri. Selain itu mereka melihat adanya peluang usaha karena saat ini belum ada brand yang mengangkat henley shirt sebagai produk utamanya. Maka dibuatlah Living Basic co. dengan harapan dapat menjadi “market leader untuk henley shirt di Indonesia”. Rifqi berharap apabila orang-orang mendengar kata Henley shirt maka akan langsung terpintas Living Basic co. Sampai saat ini best selling product adalah Basic LS Henley.

Produk unggulan living

Living mengutamakan tiga hal untuk setiap produknya: comfortable, elegant dan safe for your pocket. Pada seluruh produk Living, digunakan material yang sangat nyaman untuk aktivitas sehari-hari. Mereka pun sangat memperhatikan pemilihan dan kombinasi warna untuk setiap produknya. Mereka ingin produk Living terkesan santai namun tetap terlihat kece. Untuk pricing, Living mengincar kalangan menengah ke bawah. Living ingin menyuguhkan produk yang berkualitas dan nyaman tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

 

Untuk promosi, Living bekerja sama dengan creative industry people untuk memasarkan produk-produknya. Contohnya sepeti musisi, fashion blogger, youtuber dan designer. Rifqi percaya promosi terbaik adalah promosi dari mulut ke mulut. Dengan mengetahui kualitas produk Living, maka dengan sendirinya mereka akan merekomendasikan Living kepada teman dan keluarga mereka. Selain itu, Living memiliki marketers. Mereka adalah team yang membantu Living dalam segi direct selling. Marketer Living mayoritas adalah pelajar namun ada beberapa pula yang pekerja kantoran. Marketer membantu menjual barang Living kepada orang-orang terdekat mereka. Sampai saat ini Living baru memiliki belasan marketer loyal dan target Living di tahun 2017 ini memiliki 50 marketer loyal.

Creative industry people

Kedepannya Rifiq dan Yuno berencana meluaskan pemasaran Living dengan merambah ke toko-toko di kota besar di pulau Jawa. Dalam waktu dekat mereka berencana merambah produk-produk selain henley shirt untuk mendukung tema minimalism for casual outfit.